Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Artikel

Menjadi Lansia Sukacita ( Program Karya 4 )

Salah satu Program Karya Paroki Kalideres tahun 2019 adalah melakukan kegiatan  dengan sasaran para lansia yang ada di Lingkungan  & Wilayah Paroki Kalideres. Program Kerja ini dituangkan ke dalam Program Karya Paroki ke-4 dengan tema  “Menjadi Lansia Sukacita”, dimana program kerja ini diselenggarakan atas kerjasama Seksi Kerasulan Keluarga, Sie PSE, Sie Kesehatan  serta melibatkan Kordinator lansia wilayah dan Sie Lansia Lingkungan.

Kegiatan Program kerja ke-4 ini dibagi menjadi 2 aktivitas: yang pertama adalah Pembekalan kepada Kordinator Wilayah, Kordinator Lansia dan Sie Lansia Lingkungan dengan tema TRUE LIFE BEGINS AT 50+ dengan mengundang pembicara Prof. DR.Yvonne Suzy Handajani, Seorang peneliti Senior tentang Lansia dan Bp. Jim Mintarja, Penulis buku 'True life begins at 50+'. Acara Pembekalan ini diadakan pada pada hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2019 Pukul 09.00 – 12.00 di Aula Harapan. Aktivitas ke 2 berupa Pemeriksaan Kesehatan Lansia yang diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Mei 2019 Pukul 08.00 – 12.00, di Aula Kasih.

Pada Pembekalan Menjadi Lansia Yang sukacita dengan tema Life Begins at 50+ acara diawali dengan Sambutan dari Romo Antonius Rajabana, OMI. Dalam sambutan singkatnya, Romo Bono menyampaikan bahwa,  Program dan aktivitas ini sangat penting untuk menyampaikan kepada seluruh umat tentang menjadi Lansia yang bersukacita, karena semua orang pasti akan menjadi tua dan menjadi lansia, tetapi bukan menjadi batasan untuk tetap beraktivitas, tetap produktif dan menjadi sesuatu yang berguna di lingkungan sekitar. Memasuki usia Lansia selayaknya memang harus bersukacita,  masa-masa dimana kita hidup dengan tentram dan tenang karena menantikan kedatangan Yesus Kristus Sang Juru Selamat.

Setelah Sambutan dari Romo Bono, acara dilanjutkan dengan Pembekalan Sesi 1 yang dibawakan oleh Prof. DR. Yvonne Suzy Handajani.  Mayoritas saat ini penyakit yang paling banyak diderita oleh Para lansia adalah Pikun atau dalam bahasa kedokteran disebut Demensia  Demensia bukan merupakan suatu proses penuaan yang normal, demensia terjadi karena terjadinya kerusakan sel otak yang menyebabkan fungsi otak menurun dan mengalami gangguan ingatan.  Oleh karena itu demensia dapat dicegah salah satunya dengan melakukan olah raga yang teratur, makan makanan yang bergizi, berpikir positif dan bersosialisasi.

Setelah dilakukan beberapa tanya jawab dengan peserta,  acara dilanjutkan sesi ke-2 dengan tema True life Begins at 50+ ( Hidup Sejati dimulai pada usia 50+ ) yang dibawakan oleh Bp. Jim Mintarja. Pada awal Sesi ke-2 ini Bapak Jim menjelaskan bahwa secara umum manusia mempunyai 3 kriteria usia, yang pertama adalah Usia kronologis yaitu usia yang sesuai dengan data lahir kita. Kedua adalah Usia Biologis, yaitu dilihat dari kesehatan dan kebugaran kita sebanding dengan rata-rata usia kita atau tidak. Yang ketiga adalah Usia Psikologis, yaitu kita merasakan seperti orang yang berusia berapa. Banyak orang yang usia dan penampilan secara fisik tidak sebanding, tetapi banyak juga orang yang usia nya sudah lanjut tetapi mempunyai jiwa dan semangat  seperti anak muda, dan inilah yang diharapkan agar dalam memasuki usia senja kita masih mempunyai hasrat dam semangat untuk melakukan sesuatu yang berguna.

Di akhir sesinya, Bapak Jim memberikan benang merah dalam materi yang diberikan bahwa, Kualitas kehidupan seseorang bukan ditentukan oleh Usia Kronologis saja tetapi oleh usia Biologis dan Usia Psikologis yang berada dalam kendali kita. Usia Lansia merupakan kesempatan terbaik dan terakhir dalam kehidupan kita sehingga perlu dibuat perencanaan yang baik. Dan yang terpenting selain menjaga kesehatan,  perlu untuk selalu menjaga dan mengembangkan kualitas pada aspek-aspek penting kehidupan; relasi dalam keluarga, kesehatan Spriritual, pengembangan diri serta membuka diri untuk bersosialisasi.

Semoga melalui Program kerja ke-4 ini dapat tercipta para Lansia di Paroki Kalideres khususnya yang penuh sukacita, bersemangat serta mempunyai kehidupan yang berkualitas dan bermakna dalam menjalani masa tuanya. (/sth)

 

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA [KLIK DISINI]

 

 

Artikel Terbaru

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya dise...
©2019 Gereja Santa Maria Imakulata.