Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Artikel

ProKar 3 : Seminar Pembinaan Iman bagi Anak-anak dan Remaja (Parenting)

Salah satu Fokus utama Program Karya Paroki Kalideres pada Tahun 2019 ini adalah dengan mengadakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran orangtua mengenai  pendidikan iman bagi anak-anak dan remaja .  Latar belakang program karya ini berawal dari  keprihatinan mengenai masih minimnya keterlibatan dan keaktifan anak-anak di lingkungan atau wilayah dalam kegiatan Pembinaan Iman dari BIA, BIR, LE, PPA, sampai dewasa muda, padahal jika dilihat secara data hampir 25% atau sekitar 4.000 umat di Paroki Kalideres masuk ke dalam kategori anak muda. Yang menjadi pertanyaan refleksi adalah kemana saat ini mereka bergaul di luar lingkungan sekolah ?

Acara Seminar parenting ini sendiri diadakan menjadi 2 gelombang yaitu tanggal 20 Juli dan 27 Juli 2019 yang dibagi sesuai wilayah dan lingkungan. Masing-masing lingkungan mengirimkan perwakilan pasutri yang sudah mempunyai anak usia BIA dan BIR yang diharapkan para pasutri ini bisa menyampaikan kembali ke lingkungannya masing-masing . Seminar dibawakan oleh narasumber Romo Antonius Rajabana, OMI dan Ibu Dhevy Setya Wibawa seorang sosiolog yang saat ini aktif dalam pelayanan asesmen di  berbagai lembaga katolik dan di KAJ.

Dalam Sesi awal Romo Bono mengingatkan bahwa, mendidik anak secara katolik merupakan bagian dari janji perkawinan yang akan selalu menjadi tanggung jawab orangtua. Orangtua adalah guru utama dalam hal pendidikan iman dan moral, melalui kesaksian, pengalaman dan relasi akan membentuk kepribadian anak. Maka sangatlah penting peran orangtua untuk mengajak atau mendorong anak-anaknya pergi ke gereja.  Pendidikan akademis di sekolah saat ini anak lebih banyak dituntut untuk mengejar prestasi, tetapi ada yang tidak didapat yaitu  pendidikan yang menjadikan anak lebih manusiawi. kerja sama, tenggang rasa, mencintai, beriman, mempunyai spiritualitas, dan berperasaan halus semua itu di dapat justru dari lingkungan gereja.

Dalam sesi berikutnya yang dibawakan oleh Ibu Dhevy dijelaskan beberapa kasus dan masalah-masalah  yang sering dihadapi oleh para orangtua dalam pengasuhan anak pada masa kini, antara lain; masalah komunikasi yang tidak berjalan dengan baik, orangtua yang kurang memahami anak (empati), orangtua yang tidak konsisten, anak diberlakukan sebagai "investasi" sehingga anak mudah stres. dari berbagai contoh kasus tersebut para orangtua diharapkan untuk dapat lebih memahami anak terutama dengan perkembangan dan perubahan  jaman saat ini. Mendidik anak menurut Ibu Dhevy merupakan seni yang mengharuskan orangtua untuk senantiasa ikut berproses "berjalan bersama" sehingga orangtua juga teman bagi anak, tempat yang nyaman bagi anak, relasi yang intim, berdialog dan mengajak anak untuk merefleksi atas segala yang terjadi. Orangtua memberikan kepercayaan pada anak untuk memiliki sikap dan bertanggung jawab sehingga menjadi anak yang beriman, memegang nilai moral dan cakap dalam berperilaku.

Pada acara ini juga disosialisasikan mengenai kegiatan BIA dan BIR bagi anak-anak dan anak muda baik di wilayah maupun di gereja, serta ajakan bagi para orangtua untuk mendorong anak-anaknya agar aktif terlibat dalam kegiatan pembinaan iman.  satu program baru yang diperkenalkan pada acara seminar ini adalah MOKA ( Menjadi Orangtua Katolik ) merupakan program dari Komisi Kerasulan keluarga KAJ (KOMKK) tentang Panduan dalam mengasuh anak berdasarkan Iman dan Rahmat Ilahi.

Semoga dengan digalakkannya program karya 3 ini, para orangtua dapat semakin mendorong dan mengajak anak-anaknya untuk dapat terlibat aktif dalam kegiatan Pembinaan iman baik di lingkungan, wilayah maupun di gereja. (/sth)

 

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA [KLIK DISINI]

 

Artikel Terbaru

Minggu, 5 Januari 2020, Paroki Kalideres, Gereja Santa Maria Imakulata secara resmi membuka Tahun Keadilan Sosial.  Tahun Keadilan Sosial ini ...
Telah datang Tuhan Yesus Kristus, Sang Raja, Juru Selamat yang hadir memberikan damai dan sukacita bagi semua orang. Penjelmaan Allah hadir dalam w...
  Dogma Santa Maria Imakulata disahkan oleh Paus Pius IX pada 8 Desember 1854. Setiap tahun, Paroki Kalideres mengadakan misa perayaan pesta ...
Setiap tanggal 2 November Gereja Katolik memperingati hari arwah semua orang beriman (All Souls day) , yaitu hari yang ditetapkan untuk mengenang d...
©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.