Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Artikel

Misa Arwah Semua Orang Beriman

Setiap tanggal 2 November Gereja Katolik memperingati hari arwah semua orang beriman (All Souls day) , yaitu hari yang ditetapkan untuk mengenang dan mempersembahkan doa-doa atas nama semua orang beriman yang telah wafat. Satu hari sebelumya gereja juga merayakan hari para orang kudus atau All Saints day. Mengingat makna antara keduanya demikian dekat, maka tak mengherankan, bahwa Gereja merayakannya secara  berurutan. Setelah kita merayakan hari para orang kudus, kita mendoakan para saudara- saudari kita yang telah mendahului kita, dengan harapan agar merekapun dapat bergabung bersama dengan para orang kudus di Surga.

Perayaan misa arwah semua orang beriman di Gereja Santa Maria Imakulata diadakan pada hari Sabtu, 02 November 2019 Pukul 17.00 yang dipimpin oleh Pastor Robertus Heru Setyo Suhartono, OMI . Pada awal misa, umat membawa foto sanak saudara yang dikasihi untuk didoakan secara khusus pada misa arwah. Foto-foto tersebut dibawa ke depan dan diletakkan di sekitar Panti Imam dengan dibantu para petugas yang membantu menyusun bingkai foto pada tempatnya. Selama bulan November di setiap awal misa akan dibacakan dan didoakan arwah keluarga atau kerabat bagi umat yang memberikan intensi doanya.

Dalam homilinya, Romo Heru menyampaikan dan mengingatkan kita, bahwa kematian adalah suatu proses yang akan selalu dilewati oleh setiap manusia untuk mencapai kehidupan kekal, seperti yang dijanjikan oleh Yesus sendiri. Yang membedakan adalah apa yang dilakukan pada saat masih ada di dunia tidak dapat dilakukan manusia setelah meninggalkan dunia ini. Oleh sebab itu kita selalu diminta untuk melakukan tugas kita sebaik mungkin selama ada di dunia,  termasuk mendoakan bagi mereka yang telah meninggalkan dunia ini.

Semoga arwah semua orang beriman melalui belas kasih dan kerahiman Allah, mendapatkan ketenangan dan kedamaian serta bersatu dengan Para Kudus di Surga. (/sth)

Artikel Terbaru

Setiap tanggal 2 November Gereja Katolik memperingati hari arwah semua orang beriman (All Souls day) , yaitu hari yang ditetapkan untuk mengenang d...
“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya dise...
©2019 Gereja Santa Maria Imakulata.