Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Menjadi Pemilih Cerdas dan Berhikmat

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 Sebentar lagi Bangsa Indonesia akan menyelenggarakan Pesta Demokrasi  yang akan dilaksanakan serentak pada Tanggal 17 April 2019. Ada yang berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya, karena pemilu kali ini akan memilih para anggota dewan legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD serta akan memilih presiden dan wakil presiden sekaligus secara bersamaan. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi yang jelas agar setiap warga Negara Indonesia mengetahui proses pemilihan dalam memberikan hak pilihnya.

Seksi HAAK bersama Panitia Penggerak Tahun Berhikmat (PPTB) Paroki Kalideres mengadakan acara bincang-bincang interaktif seputar persiapan pemilu. Acara dengan tema “Menjadi Pemilih Cerdas dan Berhikmat” ini diadakan pada hari Sabtu 23 Februari 2019 di Aula Kasih, dengan mengundang narasumber Bapak H. Cucum Sumardi selaku ketua KPUD Jakarta Barat, Bapak Oding Junaedi , SH, Ketua Bawaslu Jakarta Barat serta perwakilan dari  komisi HAAK KAJ  Bapak Stefanus  Asat Gusma.

Dalam Sesi Pertama seminar ini, Bp. Cucum dan Bp. Oding menjelaskan mengenai teknis pelaksanaan pemilu dan pengawasannya untuk menjaga proses Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. Pesta demokrasi yang akan berlangsung pada Rabu 19 April 2019 nanti, menggunakan metode Pemilu Serentak. Dalam pemilu ini, masyarakat Indonesia akan mendapatkan 5 warna kertas suara, kuning untuk memilih para anggota dewan legislatif DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD kabupaten/kota serta warna abu-abu untuk presiden dan wakil presiden. Untuk pemilu di Jakarta, hanya akan menerima 4 lembar kertas suara. Hal ini karena hanya ada satu tingkatan di Jakarta, sementara di luar Jakarta ada DPRD kota/kabupaten dan DPRD provinsi.

Pada akhir sesi dibuka sesi tanya Jawab bagi peserta tentang seputar persiapan pelaksanaan Pemilu nanti.

 

Sesi berikutnya dibawakan oleh Bapak Stefanus Asat Gusma  sebagai perwakilan dari komisi HAAK KAJ. Beliau menghimbau kepada umat Katolik dengan semangat 100% Katolik dan 100% Indonesia untuk tidak hanya berpangku tangan dalam pemilu ini, tetapi juga ikut berperan aktif dengan cara Tidak Golput, tidak bepergian pada saat libur Pemilu nanti, serta mengenali calon yang dipilih dari riwayat, prestasi dan kredibilitasnya.

Salah satu persiapan KAJ menjelang Pemilu 2019 adalah dengan membuat video “Suaraku untuk Indonesia.” Video ini bertujuan untuk mengajak agar masyarakat memilih dengan hati nurani dan tidak golput. Selain itu, video ini juga sebagai bahan untuk mensosialisasikan cara pencoblosan.

 

Mari kita menjadi pemilih yang cerdas dan berhikmat , serta mensukseskan jalannya pesta demokrasi yang damai bagi masa depan Bangsa Indonesia. (/eys)

 

 

Informasi Seputar Pemilu : ---->   https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/

 

 

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA [KLIK DISINI]

©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.