Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Malam Paskah - Sang Terang, Awal dan Akhir

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sabtu Suci atau disebut juga sabtu sunyi adalah hari setelah Jumat Agung dan sebelum memasuki Minggu Paskah.

Sabtu Suci merupakan hari terakhir dalam Pekan Suci yang dirayakan oleh umat Katolik sebagai persiapan perayaan Paskah. Hari Sabtu Suci memperingati pada saat tubuh Yesus Kristus dibaringkan di kubur setelah pada hari Jumat Agung mati disalibkan. Keesokan harinya pada hari Paskah Yesus bangkit dari kematianNya.

Di Gereja Santa Maria Imakulata Misa Malam Paskah dirayakan pada pukul 17.00 dan 21.00. Perayaan diawali dengan Upacara Cahaya di teras gereja untuk merayakan Yesus yang bangkit dari kuburNya. Lilin yang menyala merupakan tanda cahaya yang menerangi kegelapan dan kekelaman dunia ; maut dan dosa dikalahkan, dunia dilimpahi kasih dan keselamatan Allah.  Dilanjutkan dengan perarakan masuk lilin paskah dan kemudian meneruskan lilin ke umat.

Dalam Homilinya Romo Denny menyampaikan, Paskah memperingati Kristus yang telah menang atas maut dan dosa, yang telah menyelesaikan karya keselamatan Allah secara sempurna dengan kebangkitanNya dari kematian. Tetapi hal ini tidak sepenuhnya ditanggapi dan diterima langsung oleh para murid dan pengikut Nya. Seperti para perempuan yang mengunjungi kubur Yesus, yang merasa sedih dan kecewa karena mendapati kubur yang kosong. Demikian halnya dengan kita, yang masih sering belum bisa sepenuhnya menangkap dan menerima tawaran karya keselamatan Allah dalam berbagai peristiwa yang kita alami dalam kehidupan kita. Yang lebih banyak mengandalkan mata jasmani daripada mata batin kita.

Pada kesempatan Malam Paskah tersebut juga dilakukan pembaptisan dan penerimaan komuni pertama kepada 30 orang.

Selamat Paskah… Semoga Damai dan Terang Kristus selalu menyertai dan menerangi kita untuk dapat berjalan bersama Kristus yang bangkit dalam mewartakan Karya Keselamatan Nya…(/sth)

 

 

 

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA [KLIK DISINI]

 

©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.