Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Bukber Mempersatukan Dalam Keberagaman

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Beberapa waktu terakhir ini , terutama menjelang proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Bangsa Indonesia banyak dihadapkan pada masalah-masalah paham radikalisme yang makin menyebar sehingga menyebabkan terjadinya perpecahan  dan saling curiga dalam hidup bermasyarakat. Salah satunya penyebabnya adalah sikap intoleransi yang selalu membeda-bedakan Suku, ras, agama dan golongan karena adanya kepentingan politik dan kekuasaan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sikap intoleransi inilah yang menjadi bibit dari tindakan radikalisme dan terorisme yang dapat merusak kemajemukan bangsa. Oleh karena itu diperlukan usaha-usaha untuk menangkal paham radikalisme tersebut dan mempersatukan kembali bangsa Indonesia yang mempunyai banyak keberagaman.

Salah satu usaha yang dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan dan berbagi kasih antar umat beragama di Paroki Kalideres adalah dengan mengadakan acara Buka Bersama yang diadakan pada Hari Sabtu, 25 Mei 2019 dengan Tema ‘Unity in Diversity’ ( Kesatuan dalam Keberagaman ). Acara ini diadakan oleh  Panitia Penggerak Tahun Berhikmat  yang melibatkan Anak Muda Katolik (OMK) Paroki Kalideres dengan Pemuda GP Ansor. Pada acara ini hadir tamu undangan dari luar Paroki adalah Bp. Alfanny, ketua GP Ansor Jakbar;  Ustadz Khairul Anwar, dan Sahabat Ansor dari unsur agama Kristen, Hindu dan Kong Hu Cu.

Acara di mulai dengan kata sambutan dari Panitia mengenai tujuan diadakannya acara ini, Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bp. Alfanny. Dalam sambutannya Bp. Alfanny menjelaskan bahwa kerukunan dan saling menghomati antar agama Islam dan non Islam sudah terjalin sejak lama bahkan sudah menjadi tradisi jauh sebelum agama Islam itu berkembang. Tetapi hal ini dirusak karena adanya kepentingan-kepentingan politik yang memakai segala cara untuk mencapai tujuannya. Bp. Alfanny menambahkan pentingnya membuat acara seperti ini supaya ada keterbukaan, kebersamaan dan menghilangkan kecurigaan satu sama lain. Hal senada disampaikan oleh Ustaz Khairul Anwar dalam Tausiyah singkatnya bahwa dalam agama Islam mengajarkan untuk selalu hidup rukun dan harmonis dalam hidup bertetangga tanpa membeda-bedakan. Apalagi kita hidup dalam Negara yang majemuk maka sudah sepantasnya kita selalu menjaga kesatuan Bangsa Indonesia dengan akhlak dan hati yang baik.  

Acara dimeriahkan dengan adanya pembagian doorprice,  dilanjutkan dengan acara Doa Bersama sesuai dengan cara masing-masing. Kemudian dilakukan acara berbuka bersama dengan berbagai makanan dan minuman yang telah disiapkan oleh panitia dengan diiringi performance dari Orang Muda GP Ansor dan Orang Muda Katolik Paroki Kalideres. Dan pada akhir Acara dilakukan Penandatanganan deklarasi Damai Antar umat beragama. Harapan kedepan beberapa rencana kegiatan akan dilakukan untuk mempererat kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama khususnya Orang Muda dengan mengadakan berbagai kegiatan bersama seperti yang sudah dilakukan dengan berolah raga bersama, Nonton Bareng pertandingan sepak bola, dsb. (/omk /sth)

 

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA [KLIK DISINI]

©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.