Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Pembukaan Gerakan Celengan Yesus Tunawisma

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Mengawali dimulainya tahun Keadilan Sosial yang telah dibuka pada tanggal 5 Januari 2020 yang lalu,  Panitia Penggerak Tahun Keadilan Sosial ( PPTKS ) Paroki Kalideres membuka satu gerakan penanda Tahun Keadilan Sosial yaitu Gerakan Celengan Yesus Tunawisma yang diadakan pada tanggal 12 Januari 2020 saat misa Jam 10 di Gereja Santa Maria Imakulata. Gerakan Celengan Yesus Tunawisma ini adalah suatu gerakan yang diprakarsai oleh Keuskupan Agung Jakarta sebagai salah satu bentuk pertobatan dengan berbela rasa kepada sesama kita yang kurang beruntung, yaitu mereka yang Kecil, Lemah, Miskin, Tersingkir dan Difabel ( LKMTD ).

Misa pada hari Minggu 12 Januari 2020 jam 10.00 dipimpin oleh Pastor Denny Haloho, OMI, dimana pada hari itu diperingati sebagai Pesta Pembaptisan Tuhan. Dalam homilinya Romo Denny menjelaskan, bahwa dengan dibaptisnya Tuhan di Sungai Yordan merupakan tanda kehadiran Allah secara konkret dan nyata di tengah-tengah manusia untuk mendatangkan kebaikan dan sukacita. Bertepatan dengan pembukaan gerakan celengan Yesus tunawisma ini diharapkan kita semua dipanggil untuk menjadi serupa dengan Yesus yang hadir bagi sesama kita yang membutuhkan untuk mendatangkan kebaikan dan sukacita bukan sekedar empati saja, tetapi dengan suatu tindakan yang konkret dan nyata.

 

Gerakan Celengan Yesus Tunawisma ini secara simbolik dibuka dengan pemberkatan replika Yesus Tunawisma, nantinya replika ini akan diletakkan di depan Aula Kasih sebagai simbol atau tanda umat Paroki Kalideres ikut berpartisipasi dan terlibat dalam gerakan Celengan Yesus Tunawisma. Selain itu dilakukan penyerahan simbolis celengan Yesus Tunawisma oleh Romo Denny kepada 5 perwakilan dari Seksi dan Koordinator Wilayah.

 

Celengan Yesus Tunawisma ini dilaksanakan oleh seluruh umat paroki di Keuskupan Agung Jakarta dengan membuat celengan dari botol air mineral atau tempat lainnya dan akan ditempel stiker Yesus Tunawisma yang telah dibagikan oleh panitia. Celengan itu nantinya akan diisi oleh umat setiap hari sebagai bentuk bela rasa dan akan dikumpulkan masing-masing lingkungan untuk disetorkan ke Paroki. Dana yang terkumpul akan dipergunakan untuk kegiatan bela rasa bagi sesama yang ada di lingkungan sekitar baik di lingkup lingkungan, wilayah maupun tingkat paroki. Tahap pengumpulan dibagi menjadi 4 tahap :22 Februari 2020, 3 Agustus 2020, 3 November 2020 dan 3 Januari 2021.

Mari sukseskan Program Gerakan Celengan Yesus Tunawisma ini sebagai wujud bela rasa kita kepada sesama yang membutuhkan (/sth)

©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.