Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Masa Adven; masa bersiap siaga dalam penantian

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Masa Adven adalah masa dimana kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus, Sang Juru Selamat ke dunia pada hari Natal. Dalam masa penantian ini kita semua diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik secara rohani dan bersiap siaga untuk menyambut kedatangan Kristus, seperti apa yang yang disampaikan pada bacaan Injil minggu Adven pertama “…Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang…”. Masa adven juga menjadi masa pertobatan untuk ‘membersihkan’ dan ‘mengosongkan’ diri dan menyiapkan hati kita agar layak untuk menyambut kedatangan Kristus Sang Raja.

Masa adven dimulai dengan menyalakan lilin adven yang pertama yang disebut juga lilin harapan, yang mengingatkan kita akan kedatangan Yesus Kristus yang telah datang untuk menebus dosa kita  dan kita mempunyai pengharapan yang baru bahwa Yesus akan datang ke dunia ini untuk yang kedua kalinya.

Misa Adven Pekan I diadakan secara tatap muka pada hari Minggu, tanggal 29 November 2020 Pukul 10.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dijalankan selama ini. Misa Adven minggu pertama ini merupakan misa tatap muka yang ke-15 sejak dimulainya perayaan ekaristi dengan menerapkan adaptasi kebiasaan yang baru. Antusias umat untuk mengikuti misa tatap mukapun makin meningkat, terbukti dari quota pendaftaran yang selalu meningkat bahkan melebihi dari quota yang disediakan, seperti yang disampaikan oleh Romo Denny di penghujung misa.

Penyalaan lilin pengharapan adven ini juga mengingatkan kita untuk tetap mempunyai pengharapan yang baru di tengah situasi yang sulit ini, agar kita dengan sabar dan ihklas dapat melewatinya, serta bersiap siaga dan penuh pengharapan menantikan kedatangan Sang Juru Selamat, Sang Pemberi Harapan yang senantiasa menyertai kita hingga akhir jaman. Selamat memasuki masa adven dengan penuh suka cita dan senantiasa tetap berteguh dalam pengharapan…

©2021 Gereja Santa Maria Imakulata.