Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Pembukaan Tahun Berhikmat 2019

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pada Tahun 2019, Keuskupan Agung Jakarta mencanangkan tema : "Amalkan Pancasila: Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat". Tujuan pencanangan tema ini adalah untuk mewujudkan panggilan kita bersama menuju "kepenuhan hidup kristiani dan kesempurnaan kasih...kesucian yang sempurna". Tema tersebut membangkitkan semangat yang mendorong kita semua untuk menjadi pribadi-pribadi, keluarga, komunitas, masyarakat yang semakin berhikmat. dan ketika hikmat itu terwujud dalam hidup, dengan sendirinya martabat pribadi, keluarga, masyarakat kita akan terangkat.

Hikmat adalah kearifan yang merupakan anugerah dari Allah. Terkait dengan tema tersebut, maka gerakan Tahun 2019 ini dinyatakan sebagai: "TAHUN BERHIKMAT".

Dalam tahun 2019 umat Keuskupan Agung Jakarta diajak untuk mengolah diri dan melaksanakan gerakan baik secara pribadi maupun bersama-sama untuk menggapai hikmat (kearifan) dalam berbagai aspek kehidupannya. Umat diajak untuk menggerakkan hidup rohani personal secara lebih mandiri, berhikmat dan bermartabat.

Ungkapan iman ini baik secara pribadi maupun secara bersama-sama diharapkan diwujudkan dalam berbagai kegiatan partisipatif transformatif pada kegiatan-kegiatan menggereja, aktifitas sosial kemasyarakatan lintas agama, serta berpartisipasi secara berhikmat dalam menentukan kepemimpinan yang bermartabat bagi masa depan bangsa dan negara ( Pedoman Karya & inspirasi Gerakan Pastoral Evangelisasi KAJ 2019 ).

Pembukaan Tahun Berhikmat di Gereja Santa Maria Imakulata, Paroki Kalideres secara resmi dibuka pada perayaan Misa Kudus hari Minggu, tanggal 06 Januari 2019 Jam 10.00 yang dipimpin oleh Rm.Antonius Andri Atmaka, OMI.  dimana sebelum misa dimulai, diselenggarakan acara pertunjukan Khas betawi yaitu Lenong di depan Aula Kasih, umat berkumpul dan antusias menonton pertunjukkan lenong tersebut. dalam drama lenong tersebut bercerita tentang kebijaksanaan dan hikmat Raja Salomo dalam menyelesaikan pertikaian antara dua orang ibu yang sama-sama mengakui seorang anak sebagai anaknya.

Setelah pertunjukan selesai, misa di mulai dengan perarakan masuk Romo diiringi petugas Liturgi beserta para Panitia yang mengenakan berbagai macam pakaian adat daerah dari seluruh Indonesia.

Pembukaan Tahun Berhikmat secara resmi dibuka dengan pemukulan Gong oleh Romo Andri dan dimunculkannya Logo Tahun Berhikmat 2019 di Slide Gereja, dilengkapi dengan pemutaran Video Surat Gembala Bapak Uskup Mgr. Ignatius Suharyo yang mengajak semua umat untuk berpartisipasi dalam semangat Tahun berhikmat ini.

Acara Pembukaan Tahun Berhikmat ini juga dimeriahkan dengan adanya Photobooth dengan tema Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, bagi umat yang ingin mengekspresikan kegembiraannya dalam menyambut moment ini. (/sth)

 

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA

 

 

 

©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.