Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Hari Raya Semua Orang kudus

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Gereja kita sering merayakan pesta orang Kudus. Ada banyak sekali Pesta memperingati orang Kudus. Yang paling sering kita rayakan tentu Pesta Bunda Maria, Santo Yosef, St. Petrus, St. Paulus dan para Rasul lainnya. Selain itu ada masih banyak lagi orang orang Kudus yang dirayakan oleh Gereja.  Pertanyaannya, mengapa Gereja kita merayakan Pesta orang Kudus? Apa yang dirayakan?

Gereja merayakan pesta orang Kudus untuk mengingatkan kita bahwa mereka adalah buah iman akan Kristus. Mereka terbukti dikaruniai kebahagiaan kekal oleh Tuhan di surga. Terbukti dengan mujizat yang terjadi melalui perantaraan mereka. Berarti, setiap orang yang percaya penuh kepada Kristus juga akan menerima anugerah yang sama. Kekudusan dan anugerah illahi itu bukan mimpi kosong tetapi sebuah kepastian yang sangat jelas.

Bagi kita sendiri, kisah hidup para Kudus adalah teladan yang nyata bagaimana kita seharusnya menghayati iman kita. Ada begitu lengkap kisah hidup mereka yang sangat inspiratif. Kita akan tergerak untuk meneladan iman mereka. Selain itu mereka juga menjadi pendoa bagi kita. Mereka bersama Tuhan senantiasa dan terus berdoa untuk kita yang masih berjuang di dunia ini. Doa doa mereka mendorong kita untuk ikut serta melaksanakan karya penyelamatan dengan mewartakan Kerajaan Allah melalui kesaksian hidup.

Kita meneladan iman mereka bahwa Tuhan yang menguatkan mereka di saat lemah. Tuhanlah yang menjiwai mereka sehingga mereka kuat berpegang teguh pada iman. Tuhan pulalah yang memberi mereka kemenangan. Maka dengan meneladan para Kudus, hidup kita lebih terarah dan lebih dikuatkan. Dari mereka pula kita mendapat dorongan untuk mengabdikan diri sepenuhnya kepada Kristus dan GerejaNya.

Harapannya, kita juga memperoleh anugerah kesucian dan keselamatan seperti mereka. Perjalanan rohani kita tidak lagi tanpa arah dan kabur. Mereka seperti perintis jalan yang membuat kita lebih mudah menuju kesucian. Tinggal mengikuti jejak langkah mereka yang sudah terlebih dahulu membuka jalan. Kita dan mereka merupakan anggota Gereja yang sama, Tubuh Mistik Kristus yang sama. Semoga hidup kita lebih berarti dan arah hidup kita lebih jelas dengan merayakan Pesta orang orang Kudus yang sangat inspiratif bagi kita.  ( Pastor Antonius Rajabana, OMI)

 

©2019 Gereja Santa Maria Imakulata.