Citra Garden 3 Blok B 27
Kalideres, Jakarta Barat - 11830
  (021) 29405097 / (021) 29405098
  (021) 54360841

Tahun Hikmat 2019 - Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat

Masa Advent : Masa Penantian Penuh Harapan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hari Minggu ini, Gereja memulai tahun liturgi baru dengan Masa Adven. Kita akan memiliki empat hari Minggu dalam Masa Adven dan hari ini adalah hari Minggu pertama. Masa khusus ini disebut juga dengan masa penantian. Masa Adven sering diartikan dengan masa persiapan untuk kedatangan Yesus Kristus di dunia ini, yang kita rayakan dengan Natal.

Gambaran suasana penantian ini, yaitu kesigapan, ditekankan sangat kuat dalam bacaan Injil Matius hari ini dengan mengatakan, "Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang." Kemudian pada bagian akhir Injil, diulangi lagi tujuan yang sama dengan cara lain, "Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."

Apa yang harus kita lakukan dalam Masa Adven ini? Apakah kita sudah siap menyambut kedatangan Tuhan baik dalam hidup harian kita maupun di akhir hidup kita? Dalam situasi berjaga-jaga, apakah kita telah menggunakan waktu sebaik mungkin? Dalam situasi berjaga-jaga, kita diajak untuk melakukan perbuatan kasih; kasih kepada Tuhan dan sesama. Hal yang sederhana dan bisa kita lakukan adalah bersikap sabar, murah hati, pemaaf, dan tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

Mari kita mengisi masa Adven ini dengan tekun berdoa, membaca, merenungkan dan menghayati Sabda Tuhan dalam hidup harian kita dan yang terakhir, kita diajak untuk berbuat baik, berbuat baik dan berbuat baik, hingga kita selalu siap menyambut kedatangan Tuhan. Selamat memasuki masa Adven, Tuhan memberkati. ( Pastor Alya Denny Haloho, OMI )

©2020 Gereja Santa Maria Imakulata.